Hakikat dan karakteristik perubahan sosial

Perubahan Sosial Di Masyarakat - Pustaka Belajar
Perubahan merupakan suatu peroses modifikasi struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat.yaitu gejala umum yang terjadi sepanjang masa pada setiap masyarakat.perubahan yang terjadi  pada hakikatnya adalah manusia selalu ingin mengadakan perubahan.Albert o,hirshman  menyatakan bahwa kebosanan manusia  merupakan penyebab dari perubahan.manusia selalu tidak merasa puas dengan apa yang telah mereka capai.mereka selalu mencari sesustu yang membuat suatu keadaan menjadi lebih baik.
Perubahan sosial memiliki makna yang luas dan mencakup berbagai segi kehidupan,seperti sosial ,ekonomi,dan politik.oleh sebab itu perubahan sosisal budaya yang terjadi pada masyarakat menyangkut perubahan nilai,pola perilaku,organisasi sosial,kekuasan pelapisan,segi masyarakat lainnya.
Pandangan para tokoh tentang perubahan sosial:
1.       Selo semardjan
Menyatakan bahwa perubahan sosial adalah perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam satu masyarakat  yang memengaruhi sistem sosialnya,termasuk nilai-nilai,sikap,dan perilaku diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat.
2.       Kingsley davis
Menyatakan bahwa perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam strktur masyarakat dan fungsi masyarakat.misalnya,timbulnya pengorganisasian buruh dalam masyarakat kapitalis yang telah menyebab kan terjadinya perubahan dalam hubungan antara buruh dengan majikan.
3.       George ritzer
Menyatkan bahwa perubahan sosial  mengacu pada variasi-variasi hubungan antar individu,kelompok,organisasi,kultur,dan masyarakat pada waktu tertentu.
4.       John lewis gillin dan john philip gillin
Perubahan sosial sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah di terima ,baik karena perubahan kondisi geografis ,kebudayaan material,komposisi penduduk,ideologi,maupun karena adanya difusi atau penemuan penemuan baru dalam masyarakat.
5.       Samuel koenig
Menyatakan  bahawa perubahan sosial merupakan proses modifikasi-modifikasi yang trjadi dalam pola-pola kehidupan manusia.modifikasi bisa di sebabkan oleh faktor interen atau eksteren.
6.       Robert macvler
Melihat perubahan sosial sebagai perubahan  hubungan sosial(social relationship)atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium)hubungan sosial.
7.       William f. Ogburn  
Menyatakan bahwa perubahan sosial menekankan pada teknologi yang menyebabkan terjadinya perubahan  aspek-aspek  kehidupan sosial,seperti kemajuan pengetahuan dan teknologi yang sangat berpengaruh terhadap pola pikir masyarakat.


Berikut karakteristik perubahan sosial.
  1. Tidak ada masyarakat yang berhenti berubah
  2. Perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan tertentu diikuti pula oleh perubahan pada lembaga-lembaga sosial lainnya
  3. Perubahan yang cepat bisaanya mengakibatkan disorganisasi yang bersifat sementara karena ada proses penyesuaian diri
  4. Perubahan tidak dapat dibatasi pada bidang kebendaan atau spiritual saja karena kedua bidang tersebut mempunyai kaitan timbal balik yang sangat kuat.

Komentar