FORUM DISKUSI EKSPLORASI KONSEP MODUL 2.1

 

Berikut ini adalah jawaban saya atas pertanyan-pertanyaan yang diberikat terhadap hasil menyimak video dan artikel yang diberikan.

Pertanyaan 1 :

Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?

Video 1 : Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi

VIDEO 1

 Pemetaan kebutuhan murid berdasarkan tiga aspek yaitu : Kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar murid. Kebutuhan belajar murid harus selalu menjadi menjadi dasar bagi praktik diferensiasi yang dilakukan di kelas. Setelah mengidentifikasi pemetaan kebutuhan murid, kita bisa menentukan strategi diferensiasi yang akan kita ambil.

Terdapat Tiga strategi diferensiasi yang dapat dilakukan berdasarkan tiga pemetaan kebutuhan murid yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses dan diferensiasi produk.

1) Diferensiasi konten

Konten adalah apa yang diajarkan pada murid dengan mempertimbangkan pemetaan kebutuhan belajar murid baik itu dalam aspek kesiapan belajar, minat, dan profil belajar murid. Dalam konten, jenis informasi yang disiapkan harus sesuai dengan kesiapan belajar murid. Bahan ajar yang sesuai dapat membantu murid untuk mengembangkan pemahaman dan memperluas ide-ide dengan memberikan pertanyaan pemandu atau tantangan. Diferensiasi konten dapat juga dilakukan dengan melihat minat murid. Murid diberi kebebasan dalam mencari informasi sesuai dengan minat mereka. Sementara diferensiasi konten berdasarkan profil belajar murid dapat dilakukan dengan memastikan murid dapat mengakses materi ajar sesuai dengan gaya belajarnya baik visual, auditori, maupun kinestetik.

2) Diferensiasi proses

Proses mengacu pada bagaimana murid akan memahami atau memaknai tentang materi yang akan dipelajari. Setelah memetakan kebutuhan belajar murid, yang harus dicermati adalah bagaimana kebutuhan tersebut terpenuhi serta bagaimana caranya, proses seperti apa yang perlu disiapkan agar dapat mengetahui bahwa setiap murid belajar, apakah siswa akan belajar mandiri atau berkelompok, seberapa banyak jumlah bantuan yang dapat kita berikan pada setiap murid, siapa saja yang memerlukan banyak bantuan dan siapa saja yang membutuhkan pertanyaan pemandu sehingga murid dapat belajar secara mandiri. Semua hal tersebut harus dipertimbangkan dalam kcenario pembelajaran yang akan dirancang.

3) Diferensiasi produk

Produk berupa tagihan atau hasil yang diharapkan dari murid setelah proses pembelajaran, baik berupa hasil tes, presentasi atau diskusi, pertunjukkan, pidato, diagram dan lainnya yang mencerminkan pemahaman murid dari tujuan yang diharapkan dalam pembelajaran. Sebelum menentukan penugasan produk ini perlu terlebih dahulu mempertimbangkan tentang kebutuhan belajar murid. Penugasan produk harus membantu murid baik secara individu maupun kelompok, menggunakan atau memperluas apa yang mereka pelajari pada perode waktu tertentu. Produk ini penting bukan hanya untuk mewakili pemahaman dan aplikasi yang lebih luas tetapi juga merupakan elemen penting kurikulum yang langsung dapat dimiliki oleh murid. Diferensiasi produk meliputi dua hal, yaitu memberi tantangan dan keragaman/variasi dan memberikan murid pilihan bagaimana mereka dapat mengekspresikan pembelajaran yang diinginkan. Sangat penting bagi guru untuk menentukan ekspektasi seperti apa yang diharapkan dari murid, kualitas pekerjaan seperti apa yang diinginkan, diantaranya menentukan: a) kualitas pekerjaan apa yang diinginkan; b) konten apa yang harus ada pada produk; c) bagaimana cara mengerjakan; dan d) sifat dari produk akhir apa yang diharapkan.

 

Video 2 : Lingkungan Belajar yang Mendukung Pembelajaran Berdiferensiasi

VIDEO 2

Dalam pembelajaran berdiferensiasi lingkungan belajar sangat berpengaruh terhadap kesuksesan implementasinya. Pembelajaran berdiferensiasi harus dibangun di atas Learning Community (komunitas belajar) yaitu komunitas yang semua anggotanya adalah pemelajar. Guru memimpin murid-muridnya untuk mengembangkan sikap dan praktik yang saling mendukung tumbuhnya lingkungan belajar. Adapun karakteristik komunitas belajar yang disebutkan oleh Carol dan Tomlinson, yaitu:

1.       Setiap orang dalam kelas akan menyambut dan merasa disambut dengan baik.

2.       Setiap orang di dalam kelas tersebut saling menghargai.

3.       Murid akan merasa aman

4.       Ada harapan bagi pertumbuhan

5.       Guru mengajar untuk mencapai kesuksesan

6.       Ada keadilan dalam bentuk yang nyata

7.       Guru dan siswa berkolaborasi untuk pertumbuhan dan kesuksesan bersama.

Pertanyaan 2 :

Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?Gagasan baru yang saya dapatkan setelah menonton dua video dan membaca artikel tersebut adalah :

1.       Aspek pemetaan kebutuhan murid di tingkat atas

2.       RPP berdiferensiasi

3.       Sintaks pembelajaran berdiferensiasi

4.       Membangun lingkungan yang cocok untuk pembelajaran berdiferensiasi

Pertanyaan 3

Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?

Menurut saya hal yang akan sulit diimplementasikan adalah :

Merancang pembelajarannya yang harus disesuaikan antara konten, proses, produk dengan kesiapan belajar, minat murid dan profil belajar murid. Karena merancang pembelajaran seperti ini membutuhkan kejelian, kreatifitas dan alokasi waktu yang lumayan lama. Pembelajaran yang dilaksanakan secara daring (PJJ) juga menjadi kendala tersendiri dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran di masa pandemi saat ini.Dengan adanya variasi konten pembelajaran, proses, dan produk menurut saya akan memerlukan instrumen penilaian yang cukup rumit dan banyak. Hal ini tentu akan membutuhkan alokasi waktu yang lama. Memahami tingkat kesiapan murid, minat belajar, serta profil belajar yang berbeda-beda dari setiap murid apalagi guru mengelola kelas dengan jumlah kelas dan jumlah siswa cukup banyak dengan situasi pembelajaran daring seperti saat ini. Sehingga saya perlu menyiapkan waktu lebih untuk merancang pembelajaran.

Pertanyaan 4

Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?

Ø  Bagaimana bentuk perangkat pembelajaran baik RPP beserta rublik penilaian pembelajaran diferensiasi?

Ø  Apakah pembelajaran berdiferensiasi dapat diterapkan untuk pembelajaran jarak jauh dengan moda daring? Bagaimana menghadapi kendala dan hambatan yang mungkin terjadi dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi?

Ø  Saya ingin mengetahui contoh konkret dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, apakah bisa ditampilkan supaya saya mendapatkan gambaran yang jelas tentang penerapannya di kelas, mulai dari proses, produk hingga penilaiannya?

Ø  Bagaimana mengidentifikasi aspek kebutuhan belajar murid sebelum melakukan pembelajaran berdiferensiasi?

 

Demikian ekplorasi konsep Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi dan hasil jawaban saya terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, semoga bermanfaat.

 

Komentar