Kompetensi Dasar Sosiologi dalam Kurikulum
SMA/MA 2013 sebagaimana tercantum dalam Lampiran Permendikbud Nomor 69 Tahun
2013, tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah
Atas/Madrasah Aliyah.
Kelas X
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan
menghormati agama lain
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Mensyukuri keberadaan diri dan keberagaman
sosial sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa
2.2
Merespon secara positif berbagai gejala
sosial di lingkungan sekitar
|
3. Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.1
Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam
mengkaji berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat
3.2
Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi
untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok
serta antar kelompok
3.3
Menganalisis berbagai gejala sosial dengan
menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial di
masyarakat
3.4
Menerapkan metode-metode penelitian sosial
untuk memahami berbagai gejala sosial
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Melakukan kajian, diskusi dan menyimpulkan fungsi Sosiologi dalam
memahami berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat
4.2
Melakukan kajian, diskusi, dan menyimpulkan
konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu,
antara individu dan kelompok serta antar kelompok
4.3
Melakukan kajian, diskusi dan mengaitkan
konsep-konsep dasar Sosiologi untuk mengenali berbagai gejala sosial dalam
memahami hubungan sosial di masyarakat
4.4
Menyusun rancangan, melaksanakan dan
menyusun laporan penelitian sederhana serta mengkomunikasikannya dalam bentuk
tulisan, lisan dan audio-visual
|
Kelas XI
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Memperdalam
nilai agama yang dianutnya dan menghargai keberagaman agama dengan menjunjung
tinggi keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menumbuhkan
kesadaran individu untuk memiliki tanggungjawab publik dalam ranah perbedaan
sosial
2.2 Menunjukkan
sikap toleransi dan empati sosial terhadap perbedaan sosial
|
3. Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1 Memahami
tinjauan Sosiologi dalam mengkaji pengelompokkan sosial dalam masyarakat
3.2 Mengidentifikasi
berbagai permasalahan sosial yang muncul dalam masyarakat
3.3 Memahami
penerapan prinsip-prinsip kesetaraan dalam menyikapi keberagaman untuk
menciptakan kehidupan harmonis dalam masyarakat
3.4 Menganalisis
potensi-potensi terjadinya konflik dan kekerasan dalam kehidupan masyarakat
yang beragam serta penyelesaiannya
3.5 Menerapkan
metode penelitian sosial berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan
konflik, kekerasan dan penyelesaiannya.
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Melakukan
kajian, pengamatan dan diskusi tentang pengelompokkan sosial dengan
menggunakan tinjauan Sosiologi
4.2 Melakukan
kajian, pengamatan dan diskusi mengenai permasalahan sosial yang muncul di
masyarakat
4.3 Merumuskan
strategi dalam menciptakan kehidupan yang harmonis dalam masyarakat berdasar
prinsip-prinsip kesetaraan
4.4 Melakukan
kajian, pengamatan dan diskusi tentang konflik dan kekerasan serta upaya
penyelesaiannya
4.5 Merancang,
melaksanakan dan menyusun laporan penelitian sosial berorientasi pada
pemecahan masalah berkaitan dengan konflik, kekerasan dan penyelesaiannya
serta mengkomunikasikannya dalam bentuk tulisan, lisan dan audio-visual
|
Kelas XII
Kompetensi Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Membuka wawasan terhadap berbagai peradaban
dunia untuk memperkuat nilai keagamaan dan mendorong penghormatan terhadap
keragaman peradaban.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
2.1
Mengembangkan kemampuan penyesuaian diri
terhadap perubahan sosial.
2.2
Menunjukkan rasa empati terhadap ketimpangan
sosial di masyarakat sekitar dan mendorong partisipasi dalam mengatasinya
|
3. Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1
Menganalisis perubahan sosial dan akibat
yang ditimbulkannya dalam kehidupan masyarakat
3.2
Mendeskripsikan berbagai permasalahan sosial
yang disebabkan oleh perubahan sosial di tengah-tengah pengaruh globalisasi
3.3
Menganalisis ketimpangan sosial sebagai
akibat dari perubahan sosial di tengah-tengah globalisasi
3.4
Menerapkan strategi pemberdayaan komunitas
dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal di tengah-tengah pengaruh
globalisasi
3.5
Mengevaluasi aksi pemberdayaan komunitas
sebagai bentuk kemandirian dalam menyikapi ketimpangan sosial.
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi
dalam perubahan sosial dan akibat yang ditimbulkannya
4.2
Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi
tentang berbagai permasalahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial di
tengah-tengah pengaruh globalisasi
4.3
Mengolah hasil kajian dan pengamatan tentang
ketimpangan sosial sebagai akibat dari perubahan sosial di tengahtengah
globalisasi
4.4
Merancang, melaksanakan dan melaporkan aksi
pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilainilai kearifan lokal di
tengah-tengah pengaruh globalisasi
4.5
Memaparkan inisiatif, usulan, alternatif dan
rekomendasi berdasarkan hasil evaluasi aksi pemberdayaan komunitas
|
diambil dari : http://agsasman3yk.wordpress.com
TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT
BalasHapusALHAMDULILLAH, MATURNUWUN KANGMAS
BalasHapusTerima kasih kang
BalasHapus